Akademi Tataboga & Perhotelan

Pages

Kamis, 03 Maret 2011

KIAT MEMBUKA USAHA FROZEN FOOD POPULER LAPIS TEPUNG DALAM KEMASAN




KIAT MEMBUKA USAHA  FROZEN FOOD POPULER LAPIS TEPUNG DALAM KEMASAN
(Peluang Usaha Aneka Frozen Food dari pasar modern sampai tradisional : Nugget ayam aneka bentuk , kaki naga, bento chiken roll, Breaded udang dan nugget Es Krim)

MENGENAL PASAR FROZEN FOOD LAPIS TEPUNG

Frozen Food atau makanan beku popular yang berlapsi tepung seringkali ditemukan di supermarket besar maupun kecil, atau di pasar tradisional khusus lapak penjual makanan segar dan beku. Yang paling umum maknanan beku adalah nugget, bakso atau sosis. Yang terbanyak dikenal dalam frozen food adalah nugget.

Kata Nugget yang dalam bahasa Inggris berarti bongkahan , gumpalan atau potongan emas menunjukkan pada karakter bentuk produk Nugget yakni olahan berbahan baku daging dan dilapisi dengan tepung dalam bentuk potongan potongan yang kecil. Nugget mulai berkembang di Indonesia tahun 1990 an . Perkembangan Pasar Nugget begitu cepat. Saat ini produsen produk Nugget kebanyakan adalah perusahaan besar dengan kapasitas produksi yang cukup besar sekali.

Pertama kali dikenalkan Nugget Ayam bisa jadi merupakan makanan yang cukup mahal dan kurang terjangkau . Namun seiring perkembangan dan terjadinya krisis ekonomi , produsen nugget mulai menyesuaikan harga. Pembeli yang kebanyakan dari segmen menengah bawah menghendaki harga yang terjangkau.

Di Indonesia, pasar terbesar konsumsi ada pada kelas bawah. Ini merupakan pasar potensial yang harus dipenuhi kebutuhannya. Sebenarnya, membuat Nugget Murah meriah tidak harus menggunakan mesin besar. Industry kecil skala rumah tangga dapat mengambil kesempatan ini. Dengan kreatifitas dan efisiensi  industry kecil dapat menghasilkan nugget murah meriah yang diterima pasar.

Pasar Nugget murah meriah/ekonomis sangat besar sekali. Di kalangan supermarket atau hypermart saat inipun mulai menjual nugget murah dalam bentuk curah. Sedangkan pasar tradisional yang merupakan pusat pembelian kalangan bawah merupakan potensi yang cukup besar. Ibu ibu memilih membeli nugget sesuai dengan kantong dan kebutuhan, dan biasanya dihidangkan di meja makan atau untuk bekal sekolah.

Alasan utama kenapa pasar nugget murah meriah  perlu dikembangkan adalah pasar terbesar adalah pasar kelas bawah, nugget jenis ini dapat diproduksi tanpa menggunakan mesin canggih yang berharga ratusan juta rupiah  dan daya beli masyarakat yang semakin menurun.

Siapa Saja Pembeli Frozen Food Popular ?

·         Pengguna langsung ibu ibu rumah tangga untuk tambahan masakan di rumah untuk snak dan lauk
·         Pedagang gorengan
·         Abang sayur/melijo yang menjual nuget kemasan ke pengguna langsung
·         Agen lapak dan juragan frozen food di pasar
·         Pasar modern
·         Catering, hotel, warung, depot, dll
Strategi Memulai Usaha Frozen Food Kemasan
“SIGNIFICANT DIFFERENT”
Bisnis makanan merupakan salah bisnis yang paling mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun juga. Ini adalah tiket awal untuk memulai usaha tanpa rasa takut. Makanan apapun akan tetap laku selama manusia hidup. Seiring dengan sifat  bisnis makanan tersebut yang mudah, sehingga “entry barier” /penghalangnya tidak ada. Berbeda dengan bisnis telekomunikasi, pertambangan  atau industri berat lainnya penghalangnya cukup besar dari sisi misal modal kuat atau tenaga ahli. Di bidang kuliner, tanpa seorang kokipun, orang bisa memulainya . Dengan modal sedikit bahkan modal dengkulpun bisa mengembangkan usaha ini.
Karena sifatnya yang mudah untuk dilakukan oleh siappun, bisnis ini memerlukan kiat dan kejelian khusus. Apalagi dengan begitu besarnya persaingan dalam usaha ini (mudah, jumlahnya banyak dan modal kecil), maka upaya menarik perhatian pembeli sangat penting. Beri alasan kuat pembeli anda mengapa ia harus membeli makanan anda. Konsep ini perlu anda fikirkan. Salah satu kiatnya adalah pengertian “significant different “ atau perbedaan yang menonjol dari makanan yang anda jual dibanding penjual lain. Atau dengan bahasa lain anda memiliki keunggulan unik yang membuat orang rela antri membeli makanan anda. Karena unik, maka pesaing anda sulit untuk meniru. Ide ini sangat penting, karena jika anda mengembangkan usaha kuliner yang rata rata sama dengan pesaing anda maka anda akan tergilas atau akan berhimpitan dengan mereka.
Tanyakan pada diri anda mengapa pembeli rela membeli makanan anda ? Mengapa pembeli  antri mendapatkan nuget anda ? mengapa pembeli puas menghabiskan uang untuk mendapatkan kaki naga anda ? Mengapa pembeli sampai berbinar binar cerita betapa enaknya nuget ayam anda ke temannya ? dan seterusnya ? . Tanyakan . Kemudian lanjutkan dengan pertanyaan; manfaat apa yang anda berikan sehingga mereka rela antri ? . Pertanyaan tersebut akan mengarahkan anda untuk mendapatkan konsep bisnis makanan  yang laris manis. Jika anda sudah bisa mendapatkan bayangan tersebut, inilah yang akan membuat bisnis anda berbeda dari penjual lain di sekitar anda. Tidak perlu terlalu rumit menganalisanya. Cukup anda pelajari dengan cermat beberapa penjual  kemasan UKM atau pabrikan yang sukses. Amati. Jika perlu lakukan wawancara atau berbagi cerita dengan mereka.
Mengapa “significant different” atau perbedaan nyata sangat penting ? ini adalah jawaban untuk menjadi “ahli” atau dikenal secara khusus dalam bisnis makanan tersebut. Dikenal secara khusus berarti adalah manfaat atau perbedaan khusus yang dirasakan oleh konsumen. Menjadi berbeda bisa dengan menonjolkan keunggulan khusus yang tidak dimiliki oleh orang lain. Ini bisa dipelajari dan bersifat sangat khusus untuk satu jenis masakan, tidak bisa digenaralisasi (dibuat umum). Apalagi di tengah persaingan usaha yang cukup keras ini aspek misal harga yang murah, rasa yang enak, tempat yang nyaman atau pelayanan yang ramah sudah merupakan bagian dari standard umum jika memulai usaha makanan. Artinya jika memulai usaha tanpa memperhatikan standard tersebut, makanan kita tidak ada yang tertarik, karena pesaing sudah memilikinya. Otomatis mereka memilih yang lebih baik.

0 komentar:

Poskan Komentar